Saturday, March 19, 2016

Kisa Arahat Kawambodi dan Amuletnya

Amulet Pra Pidta LP Jued
Pra Kawambodi atau yang biasa dikenal dengan Pra Pidta adalah salah satu Arahat dalam Buddhisme yang amuletnya sangat populer untuk proteksi yang sangat kuat, membawa suasana yang baik dalam hidup serta menghentikan penderitaan/ hal buruk / masalah.

Dengan kekuatannya, para guru guru di masa lampau membuat amulet Pra Pidta dengan wujud menutup mata yang bermakna menjaga panca indera dari hal buruk, menjaga panca indera dari melihat dan mendengar keburukan, Melinda hi diri dari masalah masalah di luar diri.
Pra Kawambodi adalah seorang Bikkhu di era Buddha dan amulet Pra Kawambosi /Pra Pidta sangat populer di Thailand karena banyak pengalaman ajaib (tak terduga) yang dialami penggunanya dan menjadi pembicaraan dimana mana. Seperti melancarkan kesulitan, rejeki dan keberuntungan serta pengalaman selamat dari bencana seperti kecelakaan. Selain itu Pra Kawambodi / Pra Pidta memiliki kecerdasan yang tinggi dan mampu mengajarkan Dhamma lebih baik dari yag lainnya, Pra Kawambodi / Pra Pidta juga memiliki penampilan sangat mirip dengan Buddha sehingga banyak yg salah mengira bahwa Pra Kawambodi adalah Sang Buddha oleh karena itu Pra Kawambodi menjelma  dengan bentuk gemuk dan pendek  karena beliau merasa tidak nyaman apabila orang bernamaskara karena mengira beliau adalah Sang Buddha.
Pra Kawambodi lahir di keluarga Brahmana di kota Ucheni , suatu ketika di jaman Sang Buddha terjadi sebuah banjir besar yang berdampak pada para Bikkhu yang tinggal di sekitar sungai. Karena itu Sang Buddha menginstruksikan Pra Kawambodi untuk menghentikan banjir sehingga dapat menyelamatkan banyak Bikkhu
Alasan Pra Kawambodi menutup matanya ialah : Suatu ketika , Sang Buddha dan para Bikkhu pergi untuk mengajarkan Dhamma kepada para siswa. Saat dalam perjalanan, rombongan Sang Buddha menghadapi masalah yaitu ada dua jalan yang menuju ke desa , jalan yang pertama adalah jalur yang panjang sehingga akan tiba di desa lebih lama sedangkan jalan yang kedua adalah jalan pintas namun banyak hantu sepanjang jalan. Lalu Sang Buddha berkata pada rombongan " apakah ada Pra Kawambodi di dalam rombongan ini ?" Lalu salah satu menjawab " ya ,Pra Kawambodi ada bersama kita di rombongan ini ". Akhirnya Sang Buddha memutuskan untuk pergi ke desa dengan melewati jalan pintas. Sang Buddha dan rombongan sampai di desa dengan aman dan selamat.
Sang Buddha memintanya bermeditasi dengan posisi tangan menutup sehingga dapat berkonsentrasi dan merenungkan eksistensi / keberadaan diri nya , posisi inilah yang menjadi asal mula amulet Pra Pidta. Amulet Pra Pidta telah dibuat sejak era Ayutthaya dan Wat Pradoo Song Tham adalah pembuat amulet Pra Pidta. Orang orang Thailand percaya bahwa  Pra Pidta memiliki beberapa kekuatan supernatural dikarenakan banyaknya pengalaman pengalaman unik yang menggunakan amulet Pidta , mengalami miracle / keajaiban  yang melindugi dari bahaya besar dan kecelakaan . Pra Pidta juga dapat melindungi penggunanya kebal disaat saat berbahaya  , disisi lain memiliki kekuatan yang luar biasa dalam hal rejeki dan membawa keberuntungan bagi penggunanya.
Dalam pengertian Buddhis, Pose dari Pra Pidta memiliki makna untuk mengontrol panca indera untuk menghindari hal hal negatif dan buruk
Amulet Pra Kawambodi atau Pra Pidta  yang sangat populer di Thailand antara lain :
1.Phra Pidta amulet LP Kaeo from Wat Khruea Wan
2.Phra Pidta amulet LP Iam from Wat Sapan Sung
3.Phra Pidta amulet by LP Iam from Wat Nang
4.Phra Pidta amulet LP Koon from Wat Ban Rai
5.Phra Pidta amulet LP To  Wat PradooChimPee
6.Phra Pidta amulet by Wat Saket
Banyak guru Monk lain yang membuat Amulet Pra Pidta yang terkenal beberapa contohnya adalah (nomor tidak berarti urutan ) :
1.LP Pae
2.LP PhromMa
3.LP Pern
4.LP SaWai
5.LP Jeud
6.LP Lurh Paritoh
7.LP Dang
8.Wat KowOor
Amulet Pra Pidta berikut ini adalah Pidta dari LP Jeud salah satu pidta terbaik untuk rejeki dan keberuntungan. Lp Jued terkenal akan pidta, amulet lebah, rahu dll



Untuk yang berminat dapat menghubungi


No comments:

Post a Comment

SHARE