Monday, March 21, 2016

Serba Serbi Kumanthong - LP Yeam Gumanthong [Hong Amulet Indo]




Kumantong LP yeam

KUMANTHONG LP YEAM 

Kumanthong / Gumanthong ( Golden Boy /Anak Emas )adalah satu ciri khas dari amulet thailand yang cukup populer, saat ini masih banyak kesalahan presepsi yang menganggap kumanthong sama dengan tuyul. Perbedaan mendasar dari Kumanthong dan tuyul adalah :

1. Tuyul merupakan mahluk gaib yang berukuran kerdil biasanya berasal dari janin yang keguguran atau bayi yang mati ketika lahir yang biasanya dipelihara oleh seorang yang menjadi majikannya dan umumnya digunakan sebagai pesugihan untuk kekayaan , untuk melakukan pecurian harta dari orang lain. Dari segi pemberian makan pun berbeda, tuyul mengkonsumsi darah dan menggunakan sebuah perjanjian. 

2. Kumanthong /  Gumanthong yang berasal dari Thailand, spirit dari Kumanthong / Gumanthong berasal dari janin yang keguguran atau anak kecil yang meninggal, spirit yang dijadikan gumanthong dididik untuk menjalankan sila kemoralan dalam Buddhis oleh Luangpu yang bersangkutan berdasarkan tradisi dan metode pembuatan kumanthong. Dalam memilih Kumantong pun sebaiknya memperhatikan jenis dan siapa pembuatnya , agar anak yang dirawat pun anak anak yang baik. Tujuan dari pembuatan Kumantong adalah agar spirit yang mati muda tersebut bisa memperoleh kesempatan kembali untuk berbuat kebajikan dan merasakan kasih sayang dari orang tua yang belum sempat mereka rasakan. Sehingga para orang tua angkat dari kumanthong alangkah baiknya memperlakukan mereka seperti anak sendiri, bukan sebagai majikan serta banyak melakukan pelimpahan jasa untuk mereka. Merawat kumanthong seharusnya membuat kita lebih ingat untuk banyak berbuat kebajikan.

Bicara soal kumanthong hal hal yang perlu diperhatikan dalam merawat kumanthong adalah :
1. Komitmen jangka panjang, mereka bukanlah mainan yang disimpan saat masih fresh dan menarik lalu dilupakan saat sudah bosan. di dalamnya terdapat satu spirit anak yang sudah menganggap kita orang tua angkatnya sebagai orang tua sendiri.

2. Pelimpahan jasa merupakan hal yang penting, sebenarnya pelimpahan jasa perlu dilakukan bukan hanya karena kita memiliki kumanthong , sudah selayaknya kita melakukan pelimpahan jasa baik pada para leluhur yang telah meninggal , makhluk menderita dan lainnya namun dengan merawat kumanthong diharapkan kita lebih memiliki rasa cinta kasih untuk berbagi kebajikan pada mereka dalam setiap perbuatan kita.

3. Treat them as your kids, not your slave..! mereka bukan pembantu, bukan bawahan, tp mereka adalah anak bagi kita yang merawat. mereka adalah anak malang yang tidak memiliki karma cukup baik untuk hidup lebih panjang. perlakukan dengan baik dan latih rasa cinta kasih di diri kita.

berikut ini adalah gambar dari Chiangmai dimana terjadi kebakaran , dan saat salah seorang warga memfoto lokasi terlihat bayangan seseorang sedang berdiri di dekat lokasi kebakaran . Berdasarkan informasi yang didapat, warga menduga bayangan itu adalah Kumanthong  atau kemungkinan lain adalah Thep Jao,


Kumantong
Add caption



Perbuatan baik apa yang meeka lakukan sebagai kumanthong yang membuat mereka bisa terlahir di alam yang lebih baik ?

Perbuatan baik membantu orang tuanya baik dalam bisnis , menjaga rumah dll. Membuat Kumanthong tidak membuat anda jadi kaya raya seperti yang disebutkan oleh beberapa orang yg berkepentingan (haha) . Menjadi kaya atau tidak adalah tergantung karma baik anda, kumantong hanya membantu usaha anda , memaksimalkan peluang yang ada, bahkan ada beberapa pengalaman orang mereka membantu membuka peluang baru.  Membantu anda ketika berdagang , peluang yang lebih baik dalam pekerjaan dll.

Pertanyaan yang sering muncul :
Kalo saya punya altar dewa di rumah, apa boleh rawat KMT?
boleh, sebelum merawat KMT kita memohon izin pada dewa penunggu di rumah untuk merawat anak angkat dan mohon untuk diijinkan tinggal bersama.

Perlu dikasi makan ga?
Perlu dikasi makanan, karena mereka adalah spirit, umumnya makanan yang diberikan snack , makanan ringan. bisa juga diajak makan bersama orang tua angkatnya atau bisa diberikan makanan lebih dahulu baru setelahnya kita yang makan 

Apabila teman teman memiliki altar dewata di rumah , alangkah baiknya berdoa untuk mereka agar juga mendapat perlindungan, dan bimbingan agar bisa terlahir di alam yang lebih baik. membacakan sutra untuk mereka juga adalah hal baik.

Kali ini Saya akan Posting Kumanthong LP Yeam , langsung dari temple dan sudah diberikan stempel vihara oleh Bikkhu yang bersangkutan. Sebelum dibawa kembali ke Indonesia, sudah diblessing kembali oleh LP Thom yang merupakan siswa dari LP Yeam. LP Yeam saat itu sedang berada di rumah sakit karena kondisi yang tidak sehat. Diperkirakan LP Thom akan menjadi suksesor LP Yeam karena kini banyak blessing dilakukan oleh LP Thom.



Foto Bagian belakang Kumanthong yang tidak kalah kece... 


Cap Vihara 

LP Yeam adalah pembuat Kumanthong yang sangat terkenal di Thailand, beliau merupakan penerus langung dari LP Tae yang sangat hebat dalam pembuatan Kumanthong. Dikisahkan Kumanthong LP Tae membantu seorang pedagang obat keliling hingga memiliki toko.

Stok tinggal 1 untuk mereka yang berminat dapat menghubungi :

SOLD OUT


No comments:

Post a Comment

SHARE