Monday, February 29, 2016

LP Hong Golden Words - Kata Kata Emas LP Hong-



Apa makna gambar diatas? mungkin temen temen bertanya tanya.. Pembahasan kali ini akan membuat cinta kasih yang dimiliki Luang pu Hong terlihat jelas.

Kata kata diatas kurang lebih berisi sebagai berikut : 
"Siapapun yang menjaga 5 sila dengan baik. adalah siswa dari LP Hong "

Mungkin terdengar sangat simpel, tapi sesungguhnya kalimat ini memiliki cinta kash yang sangat luas dan dalam. Mengapa demikian? yuk kita telaah..

Siapapun yang menjaga lima sila adalah orang dengan moralitas, karena sesuai ajaran Buddha kita disarankan untuk menjaga 5 silla sebagai kunci dari segalanya baik itu kebahagiaan hidup di dunia, bermanfaat melindungi diri kita sendiri serta sebagai pondasi menuju ke pembebasan.


Apa isi 5 sila Buddhis itu ?
Panatipatta Veramani Sikkhapadam Samadiyami

Adinadana Veramani Sikkhapadam Samadiyami 

Kamesu Micchacara Veramani Sikkhapadam Samadiyami 

Musavada Veramani Sikkhapadam Samadiyami 

Surameraya Majja Pamadatthana Veramani Sikkhapadam Samadiyami

Yang artinya

Aku bertekad melatih diri menghindari pembunuhan makhluk hidup 

Aku bertekadmelatih diri untuk tidak mengambil barang yang tidak diberikan 

Aku bertekad melatih diri untuk tidak berbuat asusila 

Aku bertekad melatih diri untuk menghindari perkataan yang tidak benar
 
Aku bertekad melatih diri untuk tidak mengkonsumsi hal hal yang melemahkan kesadaran (minuman keras, narkoba, dll


Disebutkan bahwa apabila kita menjalankan sila dengan baik maka kita akan mendapatkan kebahagiaan diantaranya adalah :

Usia panjang (Ayu)
Keindahan seperti cantik dan tampan (Vanno)
Kebahagiaan (Sukha)
Kekuatan (Bala)
Hal tersebut adalah yang diajarkan Sang Guru Para Dewa dan Manusia yakni Sang Buddha. Sebagai seorang bikkhu yang menjalani vinaya kebikkhuan , Luangpu Hong juga menyarankan kita sebagai umat perumatangga setidaknya menjaga 5 sila diatas dalam kehidupan. 

 Siapapun yang menjalankan sila dengan baik adalah murid dari LP Hong

Disini bisa kita lihat bahwa LP Hong mencintai siapapun tanpa terkecuali, seorang yang suci menyukai kebaikan dan keselarasan. LP Hong bersedia menjadi guru bagi mereka, siapapun , dimanapun , dari latar belakang apapun yang belajar untuk memperbaiki diri , bekerja keras dan hidup selaras dengan alam dan Dhamma.

Untuk kita renungkan , LP Hong bukanlah hanya untuk segelintir orang, LP Hong tidak hanya memberkati segelintir orang. LP Hong adalah milik siapa saja.

Siapapun boleh menghormat kepada beliau , mengingat hal hal yang diajarkan beliau dan menyimpan keyakinan pada beliau di dalam hati kita. 





Perhatikan hewan hewan diatas, mereka mungkin terlahir di pojokan jalan, atau mungkin bukan siapa siapa bagi orang lain namun cinta kasih LP Hong begitu besar, hingga hewan terkecilpun, termasuk hewan melata  menerima cinta kasih beliau

Anjing. kucing, kura kura , burung, ular dihadapan LP Hong tidak saling menyerang satu sama lain. 
Bersujud di hadapan seorang guru suci , tidaklah berarti bila memiliki pikiran buruk, iri dan dengki, berbicara penuh kebencian dan menyesatkan.

Ada 2 pernyataan yang menurut saya sangat luar biasa dari LP Hong yang menggaransi  bahwa cinta kasih beliau tidak pandang dimanapun kita, sekalipun kita jauh apabila memiliki hati bersih dan tulus kepada Guru, pastinya guru akan menjaga dan melindungi, yaitu :


1 Semoga setiap orang menjaga 5 sila dengan baik, siapapun yang menjaga 5 sila dengan baik adalah Siswa dari LP Hong, apabila telah menjadi siswa LP , kamu tidak perlu takut akan meninggal dengan tragis, kamu tidak akan menemui kesengsaraan  dan tidak akan ada yang bisa mencelakaimu

2. Apabila kamu menggunakan Amuletku dan ternyata tidak bagus / baik , biarlah saya mati 100 kali sehari 

Hanya LP Hong yang berani berkata seperti  itu, menjamin 2 hal yakni cinta kasihnya dan berkat yang diberikannya adalah untuk siapa saja tanpa terkecuali, bagi mereka yang mau menjalankan sila dan ajaran cinta kasih. Betapa beruntungnya kita mengetahui adanya seorang Guru yang berhati mulia di masa kehidupan kita saat ini. Semoga sharing ini bisa semakin menumbuhkan keyakinan kita pada Sang Triratna dan pada siswa siswa beliau termasuk LP Hong.

Sabbe Satta Bhavantu Sukhitata , semoga semua mahkluk hidup berbahagia









No comments:

Post a Comment

SHARE