Saturday, February 20, 2016

Mengapa Harus Luangpu Hong ??? [WITH SHORT VIDEO]


lp hong is angel of fortune, famous of wealth strong metta and protection






Hari ini saya akan menuliskan suati pembahasan yang berbeda , bukan tentang amulet beliau namun tentang diri beliau . Dari sekian banyak Guru di Thailand, mengapa Luang Pu Hong ?

Oke kita langsung bahas aja


1. Sosok Ayah yang Penuh Cinta Kasih
Sebenarnya dalam hidup , siapa yang menjadi panutan kita? sejak pertama kita lahir , sejak       pertama kita belajar dan mengenal dunia ? jawaban yang diberikan mayoritas orang akan sama yaitu orang tua. Buat saya , dalam mencari pembimbing secara spiritual perlu memperhatikan chemistry , rasa nyaman dan tentunya sosok yang bisa menjadi contoh, panutan dan pengingat ketika kondisi kehidupan sedang kurang menguntungkan. Seperti bisa kita lihat pada Video di atas, meskipun dalam kondisi sakit, LP Hong tidak pernah mengeluh, beliau tetap tersenyum , menyebarkan kebahagiaan  dan cinta kasihnya, sehingga membuat orang orang disekitar yang melihat beliau pun merasa nyaman, tenang dan bahagia. Para siswa LP Hong di Surin pun seolah menjadi anak anak dan cucu , dimana mereka yakin bahwa "kakek" akan selalu melindungi dan menjaga mereka. 

2. Jalan dan Ajaran Utama 
Selain sosok, menurut saya hal yang tidak kalah penting untuk kita perhatikan bersama adalah apa yang menjadi pedoman kita. Sebagai seorang Siswa Buddha yang menjalani kehidupan Sangha, LP Hong selalu mengingatkan untuk menjaga kelima sila. COCOK dengan apa yang diajarkan Buddha, artinya tidak melenceng ke jalan yang salah, tidak hanya menganjurkan unuk sekedar percaya. Itulah yang menambah keyakinan kita pada beliau , secara karakter dan jalan yang ditempuh sudah sejalan dengan ajaran Sang Bhagava. Masih ingat kata kata luangpu hong yang menyebutkan:  

"Apabila ingin menjadi murid LP Hong, tidak sulit, hanya perlu menjaga sila. Barang siapa menjaga sila adalah murid Luang Pu dan mereka yang berlatih meditasi dengan baik adalah manusia yang memiliki kemoralan. Apabila telah menjadi Murid Luangpu maka tidak akan mengalami kemiskinan / kekurangan dan mati mengenaskan"

Disini saya merasakan Kepercayaan diri beliau yang sangat kuat terhadap Buddha Dharma dan terhadap diri beliau , dimana dalam pesan tersebut tersirat cinta kasih yang menginginkan kita untuk berkembang jadi lebih baik dan selamat.

Ya, mau hidup tidak kesulitan, hidup lebih baik dan senantiasa selamat? semua orang mau tapi pasti ada syaratnya dong !! Dengan menjalankan sila dan memperoleh semua itu adalah CENGLI ( FAIR ) .Jangan hanya berharap dan berharap, ada sesuatu yang harus dilakukan oleh diri kita sendiri.

3. Kerendahan Hati
Dengan nama besar beliau , namun beliau tetap menjalani kehidupan sehari hari layaknya seorang Bikkhu yang berlatih. mencintai hewan hewan disekitarnya, saya pun teringat mengapa beliau berlatih meditasi di kuburan, karena menurut beliau kuburan adalah tempat yang cocok untuk berlatih pengendalian diri, melatih si pikiran yang selalu liar melompat kesana kemari , yang dipenuhi rasa khawatir dan takut. Beliau pun

Beliau tidak pernah memamerkan kemampuan, tidak menganjurkan untuk melakukan tes tes, Menutur saya, hal itu sangat masuk akal, kenapa ?

Proteksi dari tembakan , bahaya , dsb merupakan berkat, melakukan tes tes hanya memperbesar ego , Semakin besar ego, semakin besar kebodohan batin dan akan mempengaruhi tindakan tindakan kita.
Proteksi tersebut merupakan berkah , apabila telah memperoleh berkah, alangkah baiknya menyebarkan berkah tersebut kepada orang lain.


Tidak perlu banyak alasan bagi saya menjadikan LP Hong sebagai seorang teladan, yang senantiasa hadir dalam hati dan pikiran untuk mengingatkan saya dalam kehidupan. Sejauh ini saya tidak henti henti mengucap syukur dan kekaguman pada diri beliau walaupun beliau telah tiada.  Karena blessing beliau masih dapat saya rasakan, beliau memang bukan seorang Bikkhu Biasa . Semoga sharing ini bermanfaat bagi rekan rekan dan saya berharap orang lain bisa memperoleh manfaat yang sama dari sharing ini. Apabila teman teman berkenan bisa Sharing post ini agar dapat dibaca oleh orang orang banyak sehingga mereka pun dapat memetik sesuatu dari sharing ini

ANUMODANA..

No comments:

Post a Comment

SHARE