Thursday, April 21, 2016

Kisah Bhiksu Sakti Mandraguna di Vihara Wat Pha Kho Thailand

Kisah Bhiksu Sakti Mandraguna di Vihara Wat Pha Kho, Thailand



bhiksu sakti mandraguna thailand


Thailand punya banyak vihara yang asyik untuk dikunjungi karena arsitektur dan sejarahnya. Salah satunya Vihara Wat Pha Kho di Kota Songkhla yang punya kisah tentang bhiksu sakti mandraguna.

Songkhla merupakan kota di Thailand bagian selatan. Dari Bangkok bisa ditempuh dengan dua jam perjalanan menggunakan pesawat. Vihara Wat Pha Kho bisa dicapai sekitar 45-60 menit dari pusat Kota Songkhla.

Komplek vihara yang berada di kawasan perbukitan, membuat bangunan-bangunannya terpencar mengkuti alur kontur tanah di mana ia berdiri. Pepohonan rindang membuat kawasan vihara begitu teduh dan menyejukkan.

thailand powerful magic dan amulet

Salah satu bangunan vihara 

Di antara beberapa bangunan yang ada di vihara itu, terdapat bangunan yang sangat bersejarah karena ada jejak Luang Pho Thuat, bhiksu yang sakti mandraguna di sana. Sosok Luang Pho Thuat dihadirkan dalam beberapa beberapa posisi.

Di bagian pintu masuk vihara misalnya, terdapat patung Luang Pho Thuat yang sedang bermeditasi duduk. Sedangkan di sekelilingnya terdapat patung sejumlah hewan mulai dari gajah hingga ular kobra.


bhikkhu sakti thailand bhante wongsin

Bhiksu Wong Shin Prhakhruprakaddamnited 

Bhante (biksu) Wong Shin Prhakhruprakaddamnited menjelaskan kepada detikTravel, adanya hewan-hewan itu menunjukkan bahwa pada saat bermeditasi, Luang Pho Thuat memancarkan cinta kasih.

"Sehingga walaupun ada ular yang sangat berbisa, (ular itu) bisa jinak. Karena pikirannya (Luang Pho Thuat) penuh dengan cinta kasih," ujar Bhante Wong Shin, Rabu (20/4/2016).

Sedangkan di beberapa titik lain di vihara ini, sosok Luang Pho Thuat dihadirkan dengan membawa payung, tongkat, dan mangkok. Tiga benda ini yang selalu dibawanya ketika pergi.

Tak hanya itu, di vihara ini terdapat bekas jejak kaki Luang Pho Thuat yang berada di dalam ruang sembahyang. Tak heran sebab vihara ini dulunya merupakan tempat praktek pemiliknya.


jejak lp tuad thuad

Tapak kaki Bhiksu Luang Pho Thuat

Kemudian bergerak di sisi luar, wisatawan bisa melihat sumur dangkal yang merupakan tempat dicucinya jubah pria yang kisahnya dipercaya sudah ada sejak 200 tahun yang lalu ini.

Pada kesempatan itu, Bhante Wong Shin sempat menceritakan figur Luang Pho Thuat secara singkat. Pria ini, kata Wong Shin, adalah tokoh yang sangat sakti.

"Beliau bisa menghilang, menginjak air laut kemudian menjadi tawar," kata Wong Shin.

Bangunan-bangunan di vihara ini juga berbagai macam bentuknya, candi berwarna putih dan menjulang tinggi hingga tempat-tempat berdoa seperti biasanya dengan ornamen warna merah dan emas.


amulet powerful thailand

No comments:

Post a Comment

SHARE